Friday Jun 14, 2024

Bisa Dicoba! Inilah Tips Menghadapi Teman yang Suka berbohong

suka-berbohong

Dalam menghadapi orang yang suka berbohong diperlukan cara-cara efektif. Cara tersebut setidaknya bisa membuat diri sendiri terhindar dari hal-hal buruk.

Meskipun banyak alasan mengapa seseorang berbohong, tetapi memiliki teman yang suka berbohong membuat diri sendiri tidak nyaman. Kadang tidak bisa membedakan mana perkataan yang jujur dan bohong.

Lambat laun, kepercayaan pun akan mulai hilang. Jika terus dibiarkan seperti ini, ditakutkan bahwa orang tersebut nyaman berbohong dan orang-orang tidak akan ada lagi yang mempercayainya.

Tips Menghadapi Teman yang Suka Berbohong 

Tentu diperlukan beberapa tips menghadapi teman yang suka bohong. Setidaknya bisa sedikit menyadarkan mereka dan membuatnya terbiasa berkata jujur. Adapun beberapa tipsnya ialah: 

1. Menulis Kebohongan 

Ketika mengetahui bahwa teman sendiri sering berbohong, maka bisa mencatat atau menulis setiap perkataannya. Kemudian, lakukan penyelidikan agar memiliki bukti lebih kuat bahwa teman tersebut berbohong. 

Kumpulkan bukti sebanyak mungkin, baik dari foto, video, dan lain sebagainya. Nantinya, berbagai bukti ini bisa digunakan untuk menghadapinya. 

2. Mengingatkan Teman 

Saat mengetahui bahwa memiliki teman yang sering berbohong di depan umum, maka jangan biarkan teman tersebut keterusan berbohong. Hal ini akan membuatnya nyaman melakukan berbagai kebohongan lainnya dan pada akhirnya malah menyusahkan dirinya sendiri. 

Oleh sebab itu, jika memang teman tersebut dekat akan lebih baik membicarakan hal ini. Tanya baik-baik alasan mengapa berbohong di depan umum. Selanjutnya, bisa mengingatkan untuk tidak mengulangi perilaku tersebut. 

Sebenarnya, cara ini hanya berlaku jika teman yang dimiliki hanya berbohong beberapa kali saja. Sementara, untuk teman yang keseringan berbohong cenderung akan susah diingatkan dan malah berbalik berbuat jahat. 

3. Tidak Mudah Percaya dengan Perkataannya 

Tips menghadapi teman yang suka berbohong lainnya ialah dengan tidak mudah percaya terhadap perkataannya. Terlebih jika kebohongan tersebut dilakukan secara berulang dan ada bukti dari sifat bohongnya itu. 

Akan lebih baik jika berbincang terlebih dahulu dan mengatakan bahwa rasa percaya telah hilang. Namun, jika tetap tidak mempan maka cukup untuk tidak pernah mempercayai perkataannya. 

Apabila teman tersebut memberikan informasi yang penting, maka lebih baik telusuri terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tidak terperangkap dalam kebohongannya. 

4. Merekomendasikan Perawatan Psikologis 

Sebenarnya, cara ini hanya berlaku jika menghadapi teman dekat yang bohong dan ingin dibantu. Tentu caranya akan sangat berbeda jika teman tersebut tidak begitu dekat. 

Untuk cara ini, bisa dimulai dengan berbincang mengenai alasan ia berbohong, dan sejak kapan memulai kebohongan tersebut. Setelahnya, bisa mengatakan bahwa kebohongan yang berlebih dapat dihilangkan dengan terapi. 

Berikan dorongan kepada teman tersebut untuk mencari bantuan dari ahlinya sebelum orang-orang hilang kepercayaan. Di samping itu, bisa merekomendasikan tempat yang cocok untuk berkomunikasi. 

5. Menghindari Bekerja Sama dengan Orang Tersebut 

Meskipun sudah melakukan berbagai cara, ada orang yang bebal dan tidak mau mengubah kebiasaan berbohongnya. Dengan demikian, maka cara terakhir yang bisa dilakukan ialah menghindari kerja sama dengannya. 

Di samping itu juga memperkecil intensitas berinteraksi dengan orang tersebut. Hal ini setidaknya bisa membuat diri lebih tenang karena tidak akan berhadapan dengan pembohong lagi.

Kesimpulan

Berinteraksi atau bekerja sama dengan orang yang sering berbohong akan menimbulkan banyak masalah. Bahkan seolah malah membohongi diri sendiri karena tahu kebenarannya. Sebenarnya tips menghadapi teman yang suka bohong paling efektif ialah dengan tidak menganggap serius perkataannya. Selain itu, penting juga untuk menjaga intensitas berinteraksi dengan teman seperti itu.

Back to Top