Wednesday Jul 24, 2024

Dunia Metaverse Adalah: Pengertian dan Cara Kerjanya

Dunia-Metaverse-Adalah

dunia metaverse adalah dunia digital yang membuat para pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lain secara realtime menggunakan representasi grafis. Dunia metaverse menawarkan ruang digital bagi para penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas seperti pengalaman di dunia nyata.

Apa Itu Metaverse?

Metaverse adalah dunia virtual 3D yang dibuat dengan teknologi virtual reality (VR), augmented reality (AR), di mana penggunanya dapat melakukan interaksi satu sama lain secara virtual.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, telah mengubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta Platforms Inc pada Oktober 2021. Hal ini menjadi salah satu upaya re-branding dan merangkul ide futuristik yang mengangkat metaverse.

Tujuan dibuatnya metaverse yaitu sebagai platform interaksi modern yang memudahkan para penggunanya melakukan aktivitas seperti bersosialisasi, bekerja, bermain dan aktivitas lainnya secara virtual. Artinya, di metaverse, orang-orang dapat melakukan berbagai aktivitas dalam bentuk virtual yang mirip dengan aktivitas nyata.

Karakteristik Dunia Metaverse

Tidak semua aktivitas yang dilakukan di dunia digital disebut metaverse. Ada beberapa karakteristik tertentu yang mengategorikan sebuah metaverse diantaranya sebagai berikut.

  • Live dan real time

Metaverse mempunyai waktunya sendiri yang terus berjalan seperti halnya di dunia nyata. Waktu tersebut tersinkronisasi secara live terus-menerus.

  • Berkelanjutan

Dunia metaverse tidak memiliki jeda, tidak berhenti dan tidak pula berakhir karena metaverse merupakan pengalaman yang bersifat berkelanjutan yang kemungkinannya tidak memiliki akhir.

  • Aktivitas tak terbatas

Dunia metaverse adalah ruang digital yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari mulai dari bekerja hiburan, hingga bisnis.

  • Ekonomi yang fungsional

Metaverse harus memiliki sistem ekonomi fungsional yang memberikan manfaat bagi para penggunanya.

Melakukan Kegiatan di Metaverse

Untuk melakukan berbagai aktivitas di dunia metaverse, maka pengguna harus menggunakan alat berupa kacamata VR dan sarung tangan teknologi haptic. Hal ini juga harus diiringi dengan dukungan audio yang dibutuhkan untuk menunjang pengalaman beraktivitas di metaverse.

Dengan alat-alat tambahan seperti sarung tangan haptic, kacamata VR dan audio, maka pengguna bisa memperoleh pengalaman yang real seperti di dunia nyata. Misalnya dapat melihat pemandangan merasakan berbagai sentuhan, mendengar suara dan sensasi lainnya.

Cara Kerja Dunia Metaverse

Bagaimana cara kerja dunia metaverse? Banyak yang berusaha menjelaskannya secara lebih rinci. Sebenarnya cara kerja metaverse seperti di dunia nyata tetapi pengguna harus masuk pada dunia virtual terlebih dahulu dengan bantuan teknologi yang mendukung VR dan AR.

Pengguna juga harus mempunyai Avatar yang bisa dimodifikasi sesuai keinginan. Avatar tersebut digunakan oleh pengguna sebagai tampilan dirinya di dunia metaverse. Artinya, pengguna lainnya tidak melihat kamu dalam wujud dirimu secara nyata tetapi dalam wujud Avatar yang dimodifikasi. Avatar tersebut dapat digerakkan secara bebas yang memungkinkan penggunanya untuk menelusuri dunia metaverse secara tak terbatas.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja metaverse.

  • Pengguna memiliki avatarnya masing-masing sebagai identitas digital selama berinteraksi di dunia metaverse.
  • Jika tidak ada Avatar maka pengguna tidak dapat masuk ke dunia metaverse.
  • Di dunia metaverse memiliki properti, uang dan kepemilikan masing-masing seperti halnya di dunia nyata karena ini merupakan hasil imajinasi murni perancangnya.
  • Di dunia metaverse, pengguna bisa melakukan aktivitas apa pun yang diinginkan seperti bermain game, membuka website, menggunakan aplikasi, dan lain-lain.

Saat ini penggunaan metaverse masih terbatas dengan bantuan teknologi alat VR yang tersedia, seperti Oculus. Selain itu, pengguna juga harus mempunyai akses internet yang lancar dan beberapa ketentuan berupa tambahan koleksi karya seni NFT.

Kesimpulannya, dunia metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan penggunanya untuk berinteraksi dan beraktivitas seperti di dunia nyata. Saat ini banyak perusahaan yang membangun dunia virtual di metaverse seperti Facebook (Meta), Samsung, platform game Roblox dan lain-lain.

Back to Top