Wednesday Jul 24, 2024

Web Development Adalah: Pengertian, Jenis dan Skill yang Dibutuhkan

web-development-adalah

Kebutuhan website yang semakin tinggi terutama dalam bidang bisnis, web development menjadi posisi pekerjaan yang paling dicari. web development adalah posisi pengembang website dalam menunjang bisnis yang berhubungan dengan jaringan internet.

Apa Saja Jenis Web Development?

Sebagai seorang web developer, Anda akan berkecimpung dalam membuat, mengelola hingga mengembangkan website melalui jaringan internet. Dengan begitu, tugas web development yaitu server side scripting, client side scripting, konfigurasi keamanan server dan jaringan, pengembangan dari e-commers, terdapat CMS dan lain sebagainya.

Sebelum terjun secara langsung menjadi seorang web developer, berikut jenis dari web development adalah:

  • Front End Development

Halaman depan dari sebuah website merupakan tugas dari bagian front end development. Apa yang diakses dan dilihat oleh pengunjung menjadi tanggung jawab front end development.

Artinya, bekerja sebagai front end development dalam mengelola desain website mulai dari menu hingga berbagai fitur yang akan meningkatkan pengalaman pengunjung. Biasanya, posisi ini menggunakan bahasa pemrograman seperti JavaScript, HTML dan juga CSS.

  • Back End Development

Berbeda dengan front end development, back end development bertugas di balik layar. Artinya, bertanggung jawab pada hal-hal yang tidak terlihat oleh pengguna website seperti perbaikan fungsi sistem, pengurusan server dan penerimaan data.

Sebagai seorang back end development, Anda harus memahami tools yang digunakan untuk membuat coding-coding. Tools tersebut diantaranya adalah Phyton atau Java, Oracle, PHP, Framework dan Linux.

Selain itu, back end development bekerja sama dengan tim untuk memahami apa yang ingin dicapai oleh website melalui solusi yang diberikan.

  • Full Stack Development

Full stack development merupakan bagian yang mengurus keseluruhan perihal front end hingga back end dalam mengembangkan website. Dengan begitu, bagian ini akan menyusun keperluan dari tampilan dan fitur website hingga memberikan solusi dari berbagai kekurangan yang dimiliki oleh website.

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan Seorang Web Development?

Untuk menjadi seorang web developer yang andal, Anda harus dibekali dengan skill sebagai berikut:

  • JavaScript

Tampilan dan navigasi website menjadi kunci dalam membuat tampilan lebih menarik dan meningkatkan pengalaman pengunjung. JavaScript menjadi solusi paling tepat dalam membuat fitur yang sederhana hingga kompleks. Bahkan, Anda dapat membuat berbagai animasi dan database pada platform yang dibuat.

  • HTML

Bahasa pemrograman HTML merupakan skill utama yang harus Anda miliki apabila akan berkecimpung di dunia web development. HTML banyak digunakan untuk membuat sekaligus menyusun teks seperti tautan, paragraf dan juga heading.

  • CSS

CSS menjadi kunci dalam membuat tampilan website lebih menarik dengan memisahkan konten visual. Selain itu, Anda dapat mengubah warna, posisi konten dan ukuran menggunakan aplikasi CSS ini.

  • SQL

SQL digunakan untuk mengumpulkan database dan informasi pengunjung. Apabila pengunjung mengisi form login atau sign up maka SQL akan menyimpan data yang berhasil diinput oleh pengunjung website.

  • PHP

PHP digunakan untuk membuat form login dan sign up dalam sebuah website. Kemampuan dalam mengoperasikan PHP ini tentu harus Anda miliki untuk membuat tampilan lebih dinamis dan juga menarik. Selain itu, dapat membuat fungsi menjadi lebih optimal.

Memahami skill web development adalah poin penting bagi pengembang website untuk dapat membuat hingga mengelola operasional website. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki skill tersebut untuk dapat menduduki posisi pengembang website di perusahaan ternama.

Back to Top